LM FEB UI Bersama Singapore Management University dan Central Bank of Singapore Menyelenggarakan Asian Financial Leaders Programme 2022

LM FEB UI Bersama Singapore Management University dan Central Bank of Singapore Menyelenggarakan Asian Financial Leaders Programme 2022
Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) kembali mendapat kepercayaan dari Singapore Management University (SMU) dan Central Bank of Singapore untuk menjadi partner dalam pelaksanaan Asian Financial Leaders Programme (AFLP) di Indonesia tahun 2022.

AFLP merupakan program executive education dari Central Bank dan Ministry of Finance Singapore untuk meningkatkan kapabilitas para pimpinan lembaga keuangan di Singapura. AFLP dilakukan dalam satu rangkaian kegiatan di berbagai negara seperti di USA, Inggris, Swiss, China, termasuk Indonesia.

Secara spesifik program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para eksekutif lembaga keuangan terkait lingkungan bisnis, baik regional maupun global, termasuk kondisi ekonomi dan berbagai regulasi sektor keuangan. Dengan demikian, para pimpinan mampu menghadapi berbagai tantangan bisnis dan mengelola lembaga keuangan mereka secara efektif.

Program AFLP ini dilakukan beberapa kegiatan, yaitu presentasi dan diskusi dengan para narasumber yang dipandu para akademisi, serta kunjungan ke perusahaan. Setiap peserta menerima lima sertifikat dari lembaga internasional setelah menyelesaikan program. AFLP juga memberikan peluang terciptanya jaringan global yang sangat baik.



Kerja sama dengan LM FEB UI dalam AFLP tahun 2022 ini merupakan yang keempat kalinya, diselenggarakan selama 3 hari: 4-6 Oktober 2022. Kegiatan workshop diadakan di Auditorium IMERI, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. AFLP dibuka oleh Teguh Dartanto, PhD, Dekan FEB UI dan dilanjutkan dengan workshop hari pertama.

Pada hari kedua (5/10/2022), para peserta melakukan kunjungan perusahaan ke OVO, salah satu fintech unicorn di Indonesia untuk memberikan wawasan kepada peserta tentang bagaimana fintech menjadi norma baru di Indonesia untuk kemudahan pembayaran. Kegiatan kunjungan ini diakhiri gala dinner dan pertunjukan angklung di K22, Hotel Fairmont, Jakarta. Pada hari ketiga, dilanjutkan lagi dengan workshop sekaligus penutupan dan pembagian sertifikat peserta.



Sambutan penutup disampaikan oleh Prof. Dave Fernandez (Singapore Management University) dan Arief Wibisono Lubis, Ph.D. (Wakil Dekan FEB UI). AFLP kali ini diikuti 33 peserta yang merupakan eksekutif lembaga keuangan Singapura.

Kegiatan workshop diselenggarakan selama 3 hari dengan fokus topik yang berbeda. Pada hari pertama, topik yang dibahas adalah “Emerging Trend & Risk of Asian Economies” dengan narasumber: David Sumual, M.A (Chief Economist PT Bank Central Asia, Tbk), Dr. Dian Triansyah Djani (Special Advisor to the Minister of Foreign Affairs), Effendy Gazali (akademisi UI), dan Kahlil Rowter (Danareksa).



Workshop hari kedua membahas “Infrastructure Financing” dengan narasumber: Agung Bayu Purwoko (Deputy Director - Payment System Policy Department, Central Bank of Indonesia), Triyono (Executive Director Digital Financial Innovation Group, Financial Service Authority/OJK), Arief Subekti (PT. Sarana Multi Infrastruktur), dan Ershad Ahamed (CCO Payment OVO Indonesia).

Sementara pada hari ketiga topik yang dibahas terkait “Islamic & Microfinance” dengan narasumber: Amam Sukriyanto (Director of Small and Medium Business BRI), Putu Rahwidhiyasa, MBA (KNEKS), Banjaran Surya Indrastomo (Chief economist BSI) dan Clement Lien (President Director, Great Eastern Life).